Berbagi Cerita dan Tips LDR (Long Distance Relationship)

Ini ASLI pengalaman pribadi. Sejak 2 taun yang lalu hingga detik ini. LDR yang aku alami juga bukan gara-gara pisah kota, padahal sebelumnya di kota yang sama, atow sudah sering ketemu, atow mungkin baru sekali saja bertemu. Intinya pernah ketemu! LDR yang aku alami ini karena  rasa penasaran memakai salah satu layanan chatting..YM..

Awalnya siih aku juga Cuma iseng-iseng aja, dan sempat berfikir “Aaah..dunia maya tuuh banyak orang yang suka boongnya,ga perlu dianggap serius juga kaliii..”. Tapi ternyata aku kemakan omonganku sendiri. Aku malah menemukan orang yang sangat ‘polos’, baik hati, jujur, yang pasti romantis tapi bukan gombal. Satu kata untuk orang itu..ALAMI..Dan aku jatuh hati, padahal Cuma tau dia lewat foto, dan obrolan-obrolan kita di dunia maya itu.

Aku juga nyari-nyari tips-tips buat LDR, dan menurut aku yang paling pas itu tips-tips berikut:

1. Jadikan jarak bukan suatu masalah
Pernyataan ini adalah hal pertama yang harus bisa dimantapkan dalam diri Anda dan pasangan. Tentu saja karena kemajuan teknologi sudah semakin canggih. Apa pun bisa dijadikan alat untuk mempertemukan Anda berdua. Misalnya saja dengan memanfaatkan media telepon atau internet. Intinya jangan lewatkan setiap saat untuk bisa berkomunikasi. Anda berdua juga jangan berkecil hati, pasalnya banyak kok, pasangan yang dekat dan sering ketemu namun bawaannya hanya berantem terus dan akhirnya putus! Jadi buat Anda yang kebetulan punya belahan hati, entah itu beda kota atau bahkan beda negera sekalipun, jangan khawatir. Justru dengan long distance ada kesempatan saling menguji diri dan memupuk rasa cinta.

(ya..walau kadang jarak memang jadi masalahnya..hehe)


2. Kepercayaan di atas segalanya
Kunci kesuksesan suatu hubungan adalah kepercayaan di atas segalanya. Dengan demikian Anda tidak akan berpikir macam-macam ataupun mencemburui apa yang sebenarnya tak pernah dilakukan pasangan Anda. Menduga-duga dan terus berpikiran negatif tentu akan makan hati. Makanya lebih baik memantapkan hati untuk terus percaya dan setia padanya. Akan tetapi hal ini tentu saja bila Anda kenal betul karakternya. Lain hal bila ternyata dia adalah tipe yang mudah berpindah ke lain hati. Yang pasti saling percaya bukan berarti langsung tutup mata.

(ini PALING penting!! sempat aku kecewakan si dia, tapi dia selalu kasih kepercayaan)

3. Usahakan selalu berkomunikasi
Setia dan percaya bukan berarti jarang-jarang keep in touch dengan pasangan. Apalagi belakangan perkembangan teknologi semakin memudahkan segalanya. Anda bisa melihat tampang keren atau cantiknya pasangan Anda lewat webcam. Kualitas hubungan memang penting, tapi kuantitas juga perlu diperhatikan. Usahakan minimal punya waktu-waktu tertentu, untuk menghubungi atau dihubungi si dia.

(PASTI!! Walau 1 hari hanya 2 kata “apa kabar?”, komunikasi tuh haruuusss!!)


4. Isi waktu kesendirian dengan hal bermanfaat
Diakui godaan yang terbesar bila punya kekasih yang jauh adalah bete saat sendirian. Apalagi bila malam Minggu tiba, di mana semua teman-teman sibuk berkencan ria dengan pasangan masing-masing. Kesepian dan juga iri tentu saja berkecamuk dalam diri. Kalau sudah begini, jangan pernah berpikir untuk mengakhiri hubungan. Lebih baik Anda menenggelamkan diri pada segala kesibukan yang positif arahnya. Misalnya saja dengan ikutan klub ataupun kelompok-kelompok gaul. Kalaupun Anda harus menghadiri resepsi, tak ada salahnya mengajak adik atau teman dekat untuk menemani. Ingat lirik lagu yang dibawakan Ricky Martin dan Christina Aguilera, Nobody Want To Be Lonely.

(stujuuu!!)


5. Selalu kirim foto terbaru
Sebagai obat kangen, selain mengandalkan komunikasi juga nggak boleh lupa saling bertukar foto terbaru. Dengan begitu, selain tahu perkembangan dan perubahan rutinitas pasangan, Anda juga bisa tahu perubahan fisik yang dialami pasangan Anda. Jangan kaget kalau mendadak si dia berubah menjadi ndut! Tentu saja cara pengiriman foto juga akan lebih mudah lewat e-mail.

(ini juga penting ternyata, walau g tiap hari harus foto2,,tapi biar sama-sama tau perkembangan masing-masing.)


6. Saling berkunjung
Selain bertukar foto terbaru, yang tak boleh dilupakan adalah meluangkan waktu untuk bisa mengunjungi sang kekasih. Jangan terus-terusan berharap dia yang akan menjenguk Anda. Nggak masalah juga kok walau kamu cewek. Cari saat yang tepat, misalnya waktu libur panjang. Pasti, doi akan merasa surprised banget menyambut kedatanganmu.

(kalo ini buat aku susah,,wong jauh di negeri orang..hehe)


7. Berantem Tak berarti putus!
Pacaran jarak jauh bukan jaminan nggak akan pernah mengalami saat-saat berantem. Mungkin saya si dia mendengar gosip macem-macem tentang Anda yang tidak benar. Salah-salah tentu saja setiap kali pembicaraan akan dipadati dengan luapan kemarahan. Kalau sudah seperti ini, jangan dulu emosi, apalagi langsung mencanangkan kata putus! Kamu berdua juga harus menyadari, mungkin dia dapat info dari orang yang salah. Atau juga mungkin karena saking kangennya sama Anda, akhirnya dia jadi punya pikiran yang mboten-boten.

Beri pengertian padanya, kalian sudah lama terpisah dan jarang bertemu. Jadi, kenapa nggak sesekali bertemu atau mengobrol tentang segala hal yang ingin sekali diketahui pasangan Anda. Sadari juga kemungkinan kalian sama-sama jenuh karena saling berjauhan dan nggak bisa curhat. Perlu diwaspadai juga, ada banyak “musuh” yang mungkin ingin melihat hubungan Anda berakhir. Yang pasti Anda harus waspada, namun tanpa melepas rasa percaya dan kesetiaan Anda.

(Siiiiippp..kebanyakan aku yang ngambek-ngambek, biasa cewe kalo lagi PMS bawaanya sensi kan?!hehehe)

Code tips:

http://www.acehforum.or.id/tips-pacaran-long-t7642.html

Yaa….alhamdulillah sekali, sampai sekarang masih langgeng, karena aku dapat pasangan yang terbaik. Kesan pertama kopi darat…tegaang..deg-degan..kaku..grogi..seneng..takut..pokonya campur aduk. Tapi aku bersyukur dia tidak berubah sama sekali, sikap, sifat, dan tingkah lakunya sama persis dengan dia yang aku kenal di dunia maya. Dia bisa terima aku apa adanya, tentunya aku juga..^^

Ga selamanya hubungan melalui media internet itu GA serius dan GA baik, tergantung orang yang menjalaninya.

Ga selamanya juga hubungan LDR itu kandas ditengah jalan, asal saling percaya dan setia..yakin deeh..^^

Semoga bermanfaat..hehehe

NB: doakan lancar ya..\^o^d

74 thoughts on “Berbagi Cerita dan Tips LDR (Long Distance Relationship)

  1. Makasiiih saii,tips nya…
    bagus skalii^^
    sdIkit criTa: Aku LDR nya ni ga bisa komunikasi sama sekali….T.T
    Kbtulan pacar ku( yang biasa d panggil aa), lagi pendidikan d Semarang,agak susah untuk komunikasi,seminggu sekali juga masih untung(kalo dapet pesiar weeknd tu juga)..pulang paling 6 bln sx.
    nah kadang ya, aku ska ngnes kalo liat tmn2 yang sering komunikasi ma co nya..(hmmm sdangkan saat Ldr sblm dia pendidikan,komunikasi jalaaan terus)..
    Tapi alhamdulillah dibalik LDR ini,kami menyimpan tujuan dan harapan, shingga LDR yang kami jalani ini ada tujuan yang pasti, Insya Allah tahun depan hbungan kami d resmikan ,Amiin,,(hal itu yang bikin aku kuat)
    Ldr ini juga sdikit2 melatih ksabaran aku…

    Mohon doa nya ya..
    SPaya aku d berikan kesabaran
    thanKs b4 …😉

    • sama-sama….^^

      oww..gitu y, aku ngerti rasanya g bisa komunikasi, sehari g da kbar aja udah harap-harap cemas
      tpi yg penting kepercayaan dari masing-masing..
      amin…amin…amin….kmu pasti bisa!!
      smagaaaat!!!

  2. waahhh gilaa bener bangeeett.saya juga LDR loohhh,beda negara,agak susah sih,dan hampir tiap malm ribut karna hal kecil dan itu bisa diperbaiki.;alhamdulillah. yng penting jaga komunikasi dan saling percaya .yakan ? :))) kalian awe yaaah🙂

  3. wahhh bner2 berat yaa yang namanya LDR,, susahh mau ngapa2in..
    aku juga LDR,, malah kayanya masi bruntung kalian… T.T

    smoga berhasil ya LDRnya..
    hepi ending,,🙂

  4. tips’nya kantongin akh .. ^_^
    aku jg LDR, udah 3 taun ..
    mungkin karena kelamaan ya pacarannya, jadinya kalo komunikasi kaya yg keabisan bahan, wkwkwk …
    salam kenal ya .. ^_^

    • boleh2…
      wajar klo kehabisan bahan…
      ak LDR 2 taun (jp-indo) n skr dah 8 bln nikah ( n msh LDR krwng-bdg) aja kehabisan bahan obrolan…hehe
      tpi tetep komunikasi tiap hr, g da bosen2nya ko walau tiap hri pertanyaan wajibnya “lagi apa?dah mkn blm?”, hehe
      namanya jg dah sayang ya…sejauh apapun jaraknya, lewaaaat..hehe

  5. Wahh,,, skrg gw lagi ngalamin itu nih,,, LDR, UK-Indonesia… Rasanya berat banget,,, kayaknya makin hari makin bingung apa yg mau diobrolin. Makin jarang, tapi tiap hari selalu komunikasi sih, walau cuma “hey honey, good morning”
    Aduhh bikin stress banget. Kebetulan dia disana kerja, dan baru dpt promosi.jadi agak sibuk.. Sumpah takut banget kalo tiba2 putus gitu aja krna kesibukan masing2… Gmna yaaa

    • g usah tkut…
      pkonya pupuk kepercayaan aja msing2, trus tetep komunikasi…gpp klo cm nyapa dikit jg, stidaknya g putus komunikasi…
      d nikmatin aja…percaya aja, suatu saat pasti g LDR lgi, biar lbh smanget…hehhee

  6. Wahh.. Aku baru baca. Dan aku juga LDR dy kuliah di manado n aku di medan😦
    kdang, krna jrg ada waktu buat ku hal ini yg serng buat ku berfikir negativ n gk percaya ma dy kalo dy sayang sma ku😥

  7. w jugaa Ldr’an, co w tugas di mentawai, dan susah sinyal…hmmm😐 rencana2 kita kedepan yg buat w sm dia tetep smangat jalaninnya, dan tetep pegang komitmen satu sama lain…🙂 wish us luck in Ldr yaa🙂 ameen🙂

  8. waaah, seneng bgt nemu postingan ini.. ngrasa nemu bnyak tmen sperjuangan,hehe… aku jg lg LDR, bogor-kupang, sinyalny jg sk bmasalah, kadang kalo telpon dy hrs diluar rmh, kasian sbenernya,tp kangen…
    tnyata kehabisan bahan itu wajar ya?! kadang2 takut dy bosen sm aku klo ga seru obrolanny…
    mba dian udah sampe nikah ya?? wuaah,. mdh2n aku jg bisa kyk mba dian,amiiiin…
    oia,tp gmn ya mba aq tuh kbiasaan pengen kontak terus sm dy,tp jg sering g ada bahan,yg ada diem bingung ngobrol apa,..

    • hehehe…
      sy jg seneng bisa berbagi cerita sm tmn2 semua…seneng bisa bermanfaat jg nih tulisannya…🙂

      iy wajar klo bingung mo ngobrol apa lagi, tapi tiap hari klo g ada obrolan, klo sy pasti slalu dpt sms “lagi apa?” tow “dh mkn?”
      singkat…tapi bermakna…hehehe
      jdi g harus ngobrol panjang, singkat asal ada kabar setiap harinya, klo dulu sy kan indo-jpg, jdi kn chating tuh, awal2 sih suka bingung mo ngobrolin apa, tapi makin lama ntr ngalir sendiri ko, ceritain ja seharian ngapain, tow da kejadian apa, tow mungkin tuker2 foto…
      pkonya tetep jaga komunikasi dan kepercayaan deh…

      semanget ya!!! sukse LDR nya…langgeng mpe kakek nenek ya..aaamiiiiinn..🙂

      iy alhamdulillah nih dah mo 2 taun usia pernikahannya…
      dah dpt baby girl 1..hehe, doain ja langgeng ya…

  9. Tipsnya OKE bangeet..

    aq juga baru LDR 2 bulan mba, LDR itu sbnrnya banyak plusnya krn buat diri qt mandiri, ga melulu ngandelin cwo, wlau yah kadang pgn bgt ada dia disampingqu,tp mau gmn lagi, aq di mksar utk kerja, dy di bangka utk pendidikan. ktmuan klo sama2 pulang kampung ke bekasi😦
    smoga LDR aq dan dia berhasil mencapai satu tujuan utk bahagia. Amin ya Rabbal alamin

  10. Story qt sama…knal lwat dunia maya november 2005, jdian september 2006 via tlpon….first meet nnti februari 2011,,november 2011 tunangan dan الْحَمْدُلِلَّهِ رَبِّ الْعَلَمِيْن skrg lg mnghitung bulan tuk acra prnikahan kami…tak ada yg sulit jika qt mnjalani smuanya dngan ikhlas…love doesn’t die because of distance,,it dies because of doubt….

  11. semarang – banten yaah mau gmana lg mba sm2 kerja wlpn br 3bln pcran tp sm2 berniat bwt serius.yaa itung2 tabungan nikah nanti🙂

  12. aq juga lgi LDR beda negara. uda hampir 3 thun. dia tgl di riyadh. susah bgt mempertahankan… blum lgi semua org di sekitarku malah membuatku down… beda benua, beda negara, beda budaya, beda waktu… itu semua yg skrg aq alami. meskipun bgtu i really lov him….😥
    anyway, selamat ya buat kalian berdua. mdh2n bisa sampai pernikahan…aaamiinn

  13. Seriussssssss
    Sumpahhhh
    ini cerita persis sama ma cerita tentang LDR ku
    ketemu di dunia maya sejak Desember 2011 dan sampai sekarang kami belum pernah bertemu sedikit pun
    keterbatasan waktu, meski hanya terpisahkan antara Makassar dan Jakarta tapi sumpah dapat waktu yang pas itu susah banget
    Rencananya bahagianya adalah tahun ini kami harus bertemu, harus berani mengambil resiko seperti resiko yang sudah kami jalani selama setahun belakangan ini.
    Saya suka ceita ini

  14. Wah.. baru baca artikel Mba Dian. Bagus tips&trick nya. Kebetulan saya juga lagi menjalani LDR Indo-Jerman. hehe… Doakan kami langgeng kaya Mba Dian juga ya🙂

  15. mksh kak buat tips & trik LDR nya
    aku jg LDR an sama pacar baru brp hari..skrng dia lg sakit
    doain ya kak, moga hbgn kita langgeng & moga pacarku sembuh🙂

  16. wahh. LDR tu memang nyakitin. harus sabar, harus ngeluarin ongkos lebih. apalagi aku sama dia beda benua. dia yg super sibuk. sibuknya ngalahin pejabat. hehe. dia udah ngajak serius bakal mau ke jenjang selanjutnya di umur aku ke 18. cuman aku nggak siap. aku mau nya umur 20. umur kami beda 5 tahun. tapi, aku love him so much.

    • tepatnya bukan nyakitin siih, cm butuh kesabaran yg lebih dibanding yang g LDR..🙂

      samaa aku jg dlu ngerasain yg kmu rasain ko, umurku ma mantan pacar (suami) jg 5 taun, tpi dibawa enjoy aja… tetep siih komunikasi itu penting!! hehe.. semangaatt!!!

  17. Iya bener bgt tuh kak. Sebenernya intinya cuman percaya sama komunikasi. Aku sekarang lagi ngalamin LDR yang cukup berat nih kak. Indo – Austria. Dianya juga udah kerja. Jadi nyari waktu untuk komunikasi rada susah😦 apalagi kan waktunya juga beda. Doain aja ya kak🙂

  18. >< Ini menginspirasi banget kakk
    Aku jg LDR~ aku makassar cowo aku di lampung,
    Awal kenal di RP (roleplay) di twitter.
    Skrg udh mau jalan setahunn,
    Doain langgeng ya kakk smoga gak putus-nyambung lgi wkwk
    Btw aku sm dia punya inisial nama yg sama dan lahir di bulan yg sama

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s